Kamu Ingin Berinvestasi Reksa Dana ? Pahamilah Resikonya Dulu

resiko reksadana

Kamu Ingin Berinvestasi Reksa Dana ? Pahamilah Resikonya Dulu – Ketika kita ingin berinvestasi, biasanya hal ini bertujuan untuk menambah pundi-pundi keuangan dikantong kita, menunjang tabungan di hari tua bahkan untuk memajukan bisnis anda pribadi. Namun, perlu anda ketahui bahwa jika kita ingin berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang besar maka kita harus mengambil resiko yang besar, namun jika kalian hanay ingin mendapatkan keuntungan yang bisa-biasa saja maka resiko yang anda ambilpun tidak terlalu besar.

profit reksadana

 

Dalam hal ini ada baiknya kita harus mengetahui serta mencari tahu apa saja resiko-resiko tersebut, sehingga siap dengan resiko dan dapat menyusun strategi dalam berinvestasi.  Berikut adalah beberapa informasi kepada anda mengenai hal yang harus diketahui oleh calon investor mengenai faktor-faktor resiko apa saja dalam berinvestasi reksadana nantinya.

  1. Keuntungan yang anda dapatkan Tidak dapat Dijamin nantinya

Sebenarnya, dalam hal ini investor seharusnya menyadari bahwa dengan adanya berinvestasi  Reksa Dana,  maka mereka tidak ada jaminan yang didapatkan nantinya dalam hal untuk pembagian keuntungan maupun pembagian dividen.

  1. Adanya Resiko Umum pada kisaran Pasar Modal

Kita harus mengetahui bahwa, setiap pembelian efek pastinya akan melibatkan beberapa macam unsur resiko yang ada di  pasar. Maka dari itu,  seharusnya reksadana nantinya akan mudah rentan terhadap adanya berbagai perubahan kondisi pasar yang mana ini merupakan hasil dari perkembangan global, regional maupun perkembangan ekonomi  di skala nasional, kebijakan pemerintah maupun kondisi politik dan berbagai  kebijakan-kebijakan yang lainnya.

  1. Adanya Resiko Efek nantinya

Kita juga harus mengetahui bahwa nantinya akan ada banyaknya resiko efek yang dapat terjadi pada setiap macam – macam efek investasi ini. Disini adalah beberapa macam  contoh dari berbagai resiko efek tersebut yaitu  adanya kemungkinan default dari suatu perusahaan penerbit serta adanya implikasi terhadap berbagai peringkat kredit pada suatu perusahaan.

  1. Adanya Resiko Likuiditas

Adanya resiko ini biasanya sebagaimana dapat kita didefinisikan bahwa  adanya likuiditas sebagai sesuatu yang dapat mempermudah suatu efek tersebut agar dapat dijual dalam rangka mendekati nilai normal yang mana dapat tergantung terhadap volume yang dapat diperdagangkan di bursa nantinya.

  1. Adanya Resiko Inflasi

Resiko tingkat inflasi ini merupakan suatu resiko potensi kerugian terhadap berbagai macam daya beli investai nantinya sehingga menyebabkan terjadinya berbagai kenaikan rata-rata harga beli bagi para konsumen.

  1. Adanya Resiko terhadap Pembiayaan Pinjaman

Dalam hal ini, biaya pinjaman dapat  memiliki berbagai macam variasi yang ditentukan dari waktu ke waktu dan tergantung terhadap fluktuasi pada suku bunga serta resiko dalam menggunakan pinjaman tersebut harus di pertimbangkan kembali secara berhati-hati karena hal ini akan mengakibatkan resiko yang besar.

  1. Adanya Resiko terhadap Ketidakpatuhan

Dalam hal ini, berdasarkan pada resiko dengan reksadana  yang nantinya dapat timbul akibat adanya berbagai ketidak sesuaian terhadap etika, peraturan, hukum serta berbagai kebijakan seperti Policy and Procedure internal

  1. Adanya Resiko Manajer Investasi

Dalam hal ini, kinerja setiap reksadana pastinya akan sangat bergantung terhadap pengetahuan, pengalaman serta keahlian dalam teknik investasi investasi yang akan diterapkan nantinya oleh manajer investasi kemudian.

Itulah beberapa info dan pengetahuan mengenai investasi reksadana.  Semoga bermanfaat.