5 Kesalahan Pengajuan Kredit Pinjaman

kesalahan pengajuan kredit

5 Kesalahan Pengajuan Kredit Pinjaman – Kebutuhan yang diperlukan manusia pasti tidak akan ada habisnya dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan manusia / setiap orang, kita akan melakukan peminjaman kepada orang yang mempunyai lebih apabila kita masih belum sanggup untuk membeli dan mempunyai benda tersebut. Sebagai contohnya adalah ketika kita ingin memakan sesuatu dan kita sedang mengalami krisis atau masih belum memiliki dana yang cukupĀ  tentunya kita akan pergi dan melakukan peminjaman dari bank maupun lembaga lainnya yang memiliki fasilitas peminjaman dengan suku bunga yang sudah ditentukan.

Kebutuhan

Agar kita tidak salah dalam melakukan peminjaman, maka kita harus memprioritaskan barang apa saja yang penting dan harus dipenuhi dengan segera apabila kita ingin melakukan peminjaman. Kebutuhan yang mendesak harus kita prioritaskan untuk segera dipenuhi dan apabila kita tidak mempunyai dana atau materi yang tidak mencukupi, maka bisa melakukan peminjaman terlebih dahulu. Kebutuhan mendesak yang dimaksud adalah makanan, pakaian dan segala sesuatu yang bersifat untuk menjaga kelangsungan hidup.

Pemerintah

Tidak hanya dari lembaga yang sudah diresmikan pemerintah, namun ada juga orang yang memberikan pinjaman langsung kepada peminjam dengan suku bunga yang lebih tinggi dari yang seharusnya dan disertai dengan resiko yang lebih tinggi apabila kita tidak sanggup untuk melakukan pelunasan atau pembayaran yang sudah disepakati. Sementara itu, untuk lembaga yang sudah disahkan oleh pemerintah, kadang kita akan mengalami kesulitan dalam pengajuan yang bahkan bisa berakhir dengan penolakan dari lembaga yang bersangkutan.

pengajuan kredit

Bagi yang ingin mendapatkan pinjaman dari lembaga pemerintah, kita harus menghindari 5 kesalahan pengajuan kredit pinajaman sebagai berikut :

1. Melakukan Pinjaman Karena Gaya Hidup

Gaya hidup sekarang ini semakin tinggi dan untuk itu banyak orang ingin memaksakan mengikuti tren yang sedang populer. Hal ini merupakan sesuatu yang salah , karena tren merupakan suatu yang bisa tiba – tiba muncul dan menghilang begitu saja dan apabila sudah tidak populer lagi maka tren akan berganti lagi sehingga tidak akan habisnya. Untuk itu, apabila kita tidak sanggup untuk mengikuti tren tidak perlu terlalu memaksakan diri.

2. Sembarangan Mengisi Form

Form yang sudah diberikan oleh pihak / lembaga hukum merupakan salah satu acuan yang sudah disahkan oleh pemerintah. Apabila kita salah atau sembarangan mengisi form yang sudah diberikan, maka kemungkinan besar pinjaman yang ingin kita dapatkan akan sulit untuk dikabulkan / dipenuhi. Kadang tidak hanya sampai disitu, kita juga bisa terkena tuntutan hukum apabila memberikan data palsu. Maka dari itu, isilah form sesuai dengan kenyataan.

3. Tidak Berpikir Panjang

Setiap hidup yang kita jalani pasti akan memiliki sebab dan akibat, maka dari itu diperlukan pemikiran panjang untuk tahun kedepannya jangan hanya memikirkan sekarang tanpa mempunyai perencanaan yang tepat karena apabila salah melangkah, maka akan berakhir dengan kebangkrutan atau juga kesulitan yang semakin tinggi.

4. Tidak Melengkapi Persyaratan

Dalam setiap peminjaman, kita akan disuruh untuk memberikan dokumen – dokumen yang mendukung seperti ktp, kartu keluarga bahkan juga informasi – informasi keluarga dan lingkungan sekitar. Untuk itu, apabila kita tidak memberikan / melengkapi persyaratan, maka otomatis kita tidak akan bisa mendapatkan pinjaman.

5. Melewatkan Ketentuan / Tidak Membaca Dokumen yang ditandatangani

Dokumen yang kita tandatangani dalam perjanjian peminjaman ini adalah salah satu dokumen yang disahkan oleh hukum apabila sudah mempunyai materai dan berbagai saksi. Maka dari itu jangan sampai melewatkan detil terkecil dari dokumen tersebut karena bisa berakibat fatal untuk diri kita sendiri. Terlebih lagi apabila niat dari peminjam ini sangat buruk, anda bisa saja langsung mengalami kesulitan atau bahkan kehilangan semua harta benda yang ada.

Itulah beberapa hal yang bisa harus kita hindari dalam melakukan pengajuan kredit pinjaman. Maka dari itu, sebelum kita melakukan pengajuan, kita harus berpikir matang – matang untuk keperluan dan bagaimana caranya untuk bisa mengembalikan pinjaman kita.

2 responses on “5 Kesalahan Pengajuan Kredit Pinjaman

  1. Google Post author

    Ini adalah salah satu solusi yang sangat membantu. Terima kasih sudah memberikan manfaat yang sangat berarti.

    1. admin Post author

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi ini kepada saudara anda.